Laman

Life is a game with obstacles encountered and when there is a chance, we have to seize it.

Minggu, 22 November 2015

Makalah


MAKALAH

PENGANTAR BISNIS


“Usaha Rumah Muslimah”
















Nama   : Lisa Oktaviani
  Kelas    : 1EB21
  NPM    :23215848




FAKULTAS EKONOMI AKUNTANSI
UNIVERSITAS GUNADARMA
PTA 2015/2016
                                                            Dosen .S.Tiwi Anggraeni












KATA PENGANTAR

Segala puji dan syukur penulis panjatkan kepada Allah SWT serta shalawat dan salam penulis sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Sehingga penulis dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini untuk memenuhi tugas pengantar bisnis dengan baik dan tepat waktu.
Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh dosen pada mata kuliah pengantar bisnis

Dalam proses penyusunan tugas ini penulis menjumpai hambatan, namun berkat dukungan dari berbagai pihak,akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini penulis menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya pembuatan makalah ini.
Segala sesuatu yang salah datangnya hanya dari manusia dan seluruh hal yang benar datangnya hanya dari agama berkat adanya nikmat iman dari Allah SWT, meski begitu tentu makalah ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu segala saran dan kritik yang membangun dari semua pihak sangat penulis harapkan. Harapan penulis semoga makalah ini bermanfaat khususnya bagi penulis dan bagi pembaca lain pada umumnya.



Bekasi 18 November 2015


Penulis



            

            DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR …………………………………………………........ i
DAFTAR ISI ……………………………………………………..…….........ii
BAB I. PENDAHULUAN ………………………………… ……………...III
1.1       Latar Belakang
1.2       Visi dan Misi Usaha
1.3       Konsep Pemasaran 
1.4       Tujuan Usaha
BAB II. ISI …………………………………………..................…..…......IV
                        2.1       Produk yg dihasilkan
                        2.2       Kegunaan Produk
                        2.3       Ruang Lingkup Usaha
                        2.4       Proses Produksi
                       
BAB III. PENUTUP …………………….........................................…......V
                        3.1       Kesimpulan
                        3.2       Saran
             DAFTAR PUSTAKA ……………............................................................VI




BAB I
PENDAHULUAN

            Nama dan Alamat Perusahaan
            Nama Usaha                           : Rumah Muslimah
    Alamat perusahaa     : Jl. Pucangsari Dsn.Sawur Ds.Pucangsari RT/RW                                                               006/011
            No. Telp                                  : 085730065659 ( Khusnul K)
                                                        085646755066 (Sulistyowati I)
                                                  085749777864 (Sochibatul L)

            Nama dan Alamat Pemilik
            Nama pemilik                    : Lisa Oktaviani
            Alamat pemilik                   : Paninggaran
            No. Telp                                 : 082-324-990-862
 

Usaha “Rumah Muslimah” ini bergerak di bidang perdagangan yang menjual berbagai aneka baju wanita , pakaian muslimah, kerudung, aksesoris ,dan dompet yang cocok dengan selera masyarakat Paninggaran dan sekitarnya. Sebelum penulis menjalankan usaha yang kami rencanakan ini, penulis harus mempunyai pengetahuan tentang apa itu bisnis,bagaimana menjalankan suatu bisnis dengan baik,mengetahui selera masyarakat tentang produk yg akan kita pasarkan,mengetahui lokasi yg strategis dan yg terpenting adala penulis harus memiliki modal untuk memulai usaha tersebut. 




1.1 Latar Belakang
Seperti kita lihat banyak usaha-usaha yg bergerak dibidang penjualan aneka macam kebutuhan wanita muslimah mulai dari pakaian,kerudung hingga aksesoris mulai menjamur di kalangan para wanita muslimah. Hal ini terjadi karena kebutuhan busana muslimah dan kerudung yang meningkat tajam. Apalagi untuk event-event tertentu seperti ketika akan memasuki masa bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri. Banyak wanita dan remaja putri yang mengenakan baju muslim dan kerudung untuk mempercantik penampilan mereka ketika bersilaturahmi kepada sanak keluarga.
Jilbab dan kerudung tidak lagi hanya sekedar penutup kepala. Tetapi Jilbab dan kerudung tersebut sudah menjadi suatu keharusan dalam menciptakan penampilan yang modis dan menarik. Ini terlihat dari banyaknya penjual-penjual jilbab dan kerudung yang memenuhi hampir di semua pusat-pusat perbelanjaan.
 
 
Banyak pula buku-buku yang sengaja ditulis dan dicetak untuk memberikan panduan dan variasi penggunaan jilbab sehingga semakin banyak lagi para wanita dan remaja putri yang akhirnya memiliki untuk mengenakan jilbab atau kerudung sebagai kewajiban sebagai seorang wanita muslimah atau sekedar untuk pelengkap penampilan mereka.

Usaha Rumah Muslimah ini adalah salah satu usaha yang memiliki kemungkinan rugi yang sangat kecil karena baju muslimah dan kerudung merupakan produk yang tidak mudah rusak dan tidak bisa basi. Penyimpanan yang benar, keterampilan dalam menciptakan variasi baru serta mengkombinasikan baju muslim dan kerudung dengan gaya yang up to date akan membuat baju muslimah dan jilbab tersebut walaupun bermodel lama tetap akan laku dijual.

Tidak saja baju muslimah dan kerudungnya yang diburu banyak orang namun juga berbagai pernak-pernik pelengkap akan sangat laku di pasaran. Aksesoris pelengkap jilbab dan kerudung biasanya ada yang dijual terpisah dan ada pula yang dijual dalam paketan. Kita bisa memadupadankan kerudung dengan ciput yang sesuai, atau kita bisa menggunakan banyak bros untuk mempercantik kerudung yang dikenakan. Karena kebutuhan akan aksesoris pelengkap ini, maka ketika penulis berniat untuk mendirikan usaha jilbab dan kerudung, aksesoris pelengkap bisa menjadi tambahan pemasukan bagi perkembangan usaha penulis.
 


1.2 Visi dan Misi Usaha



Visi : Mitra dan solusi bagi masyarakat dengan memberikan pelayanan atas kebutuhan dalam hal fashion yang up to date untuk memberikan warna dan gaya dalam kehidupan.

Misi : Memberikan dan menerapkan pelayanan yang baik dan berkualitas demi kepuasaan para pelanggan.
Motto : ” Rumah Muslimah adalah Kepuasan Pelanggan adalah mimpi kita” 



1.3 Konsep Pemasaran

Mengandalkan informasi dari pelanggan ke pelanggan menyediakan brosur promosi dan menggunakan media sosial seperti facebook dan instagram sebagai media untuk mempromosikan usaha penulis.

Selain itu, penulis juga menjalin kerja sama dengan kenalan lain, untuk di promosikan ke tempat tinggalnya.


1.4 Tujuan Usaha
            Adapun tujuan penulis mendirikan usaha ini yaitu:
1)   Berperan aktif dalam bidang bisnis dan kewirausahaan,
2) Menyediakan kebutuhan fashion bagi masyarakat, supaya lebih mudah     memenuhinya,
3)   Menjalin persahabatan antara pelanggan, dan
4)   Mendapatkan keuntungan atau laba.



BAB II
ISI
 2.1 Produk yang dihasilkan
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat akan baju muslim dan kerudung serta aksesoris lainnya, Adapun kualitas produk atau mutu produk yang penulis hasilkan memiliki beberapa keunggulan:
• Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan konsumen,
• Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan style yang up to date.









2.2 Kegunaan Produk
Sebagai kebutuhan sehari-hari dengan berbagai macam fungsi dan manfaat. Selain itu, produk yang kami pasarkan mempunyai beberapa keistimewaan, diantaranya :
• Harga terjangkau oleh kemampuan konsumen,
• Kualitas produk terjamin
• Sesuai dengan selera masyarakat


2.3 Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha ini memang sengaja dibuat di Desa Pucangsari karena melihat lokasi yang agak jauh dari pasar . dan mayoritas penduduknya menggunakan kerudung dalam kesehariannya ,serta kurang mengenal model yang up to date . Maka dari itu kami berusaha memberikan sesuatu yang terbaik untuk masyarakat desa Pucangsari yaitu dengan membuka usaha ini , dengan adanya usaha ini masyarakat bisa dengan mudah membeli baju atau busana muslim tanpa jauh-jauh pergi ke pasar , dan bisa mengenal model-model baju atau kerudung yang up to date. Tentunya harga juga disesuaikan dengan pangsa pasar yang ada .

2.4 Proses Produksi
Proses produksi yang penulis jalankan dalam usaha “Rumah Muslimah”  ini dapat dilihat pada bagan berikut :

2.4.1. Sumber-sumber Produk / Bahan
Untuk sumber-sumber bahan baku atau supplier pakaian, kami mengambil dari pasar besar seperti ( Pasar banjarsari dan Grosir Batik Setono) dan relasi dari butik dengan model dan corak yang menarik konsumen tentunya. Sehingga dengan begitu tidak merugikan berbagai pihak, baik dari pihak pendiri usaha maupun konsumen yang membelinya.


2.4.2.  Proses Produksi kreasi sendiri




          
Untuk proses jilbab yang kami jual yaitu dengan membeli kerudung paris polos, pasmina dan jilbab polos yang lain, Setelah itu kami membuat desain sesuai model atau gambar yang akan ditempel di kerudung atau jilbab. Kemudian tinggal menempelkan manik-manik atau hiasan hijab pada gambar atau design yang telah kita buat.
             Adapun model lain yang harus dijahit. Seperti contoh Kerudung pasmina yang kita padukan dengan ikat ninja. Meskipun jilbab hasil kreasi kami terbuat dengan tangan namun tidak lantas mengurangi kenyamanan konsumen yang memakainya. Bahkan dengan perawatan yang tepat, jilbab yang kami buat sendiri ini bisa bertahan hingga 2-3 tahun pemakaian. Yang terpenting dalam perawatan yakni hindari pencucian dengan menggunakan mesin cuci atau merendam terlalu lama.








BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
            Usaha Rumah Muslimah merupakan suatu jenis usaha yang ditujukan untuk wanita-wanita muslimah agar mereka lebih mudah dan memiliki kreasi-kreasi baru untuk memodifikasi cara berpakaian mereka sehingga penulis tidak hanya menyajika pakaian serta kerudung saja melainkan penulis juga menyediakan berbagai macam aksesoris untuk mempercantik penampilan mereka. penulis juga menyediakan jasa konsultasi dan album tutorial pada setiap pengunjung rumah muslimah.Produk penulis ini bertujuan untuk membantu wamita-wanita muslimah untuk mngeksplorasi kreativitas fashion mereka. Sehingga dapat menarik minat para muslimin untuk memakai jilbab. Proses pemasaran penulis lakukan melalui berbagai media. Penulis juga menyediakan jasa konsultasi dengan menghadiri stand flexible dan mendatangi rumah produksi penulis. Harga yang penulis patok berbeda tergantung bahan lukisan yang penulis gunakan. Penulis juga menyediakan pelayanan pemesanan jilbab sesuai selera konsumen. 


     
 3.2 Saran
            Model jilbab yang terus berubah dapat menyebabkan jilbab model sebelumnya menjadi kurang diminati oleh masyarakat sehingga tingkat penjualanyapun menurun. Untuk itu, dalam kegiatan pembelian barang dagangan harus selalu mengikuti trend terkini, membandingkan antara antara tingkat kesukaan masyarakat dan daya belinya atas trend jilbab tersebut dengan jumlah pembelian sehingga tidak aka terjadi penumpukan barang dagang yang belum terjual.

DAFTAR PUSTAKA


 

3 komentar: