SOAL
MINGGU 1
1 Jelaskan apa yg dimaksud dengan bisnis menurut kelompok
anda dan berikan 20 contoh bisnis nyata ( Universal)
Jawab:
Bisnis Merupakan suatu
usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia berupa kegiatan tukar menukar barang
atau jasa dari organisasi formal maupun informal yg nantinya akan menghasilkan
laba.
Contoh
bisnis nyata( Universal) :
1. Usaha
Pulsa Elektrik
2. Usaha
Kuliner
3. Usaha
Bimbingan Belajar
4. Usaha
Jahit Pakaian
5. Usaha
cuci motor/mobil
6. Usaha
pangkas rambut
7. Usaha
took klontong
8. Usaha
bengkel
9. Usaha
service AC
10. Usaha
laundry pakaian
11. Usaha
fotocopy
12. Usaha
pengetikan
13. Usaha
took emas
14. Usaha
sablon
15. Usaha
penyewaan mobil
16. Usaha
mebel
17. Usaha
took elektronik
18. Usaha
took parfum
19. Usaha
kios Koran
20. Usaha
penyediaan lapangan futsal
2. Beikan alasan
mengapa orang belajar bisnis dan jelaskan masing-masing alasan tersebut.
Jawab:
Alasan seseorang harus
belajar bisnis adalah
1.
Untuk menambah pengalaman,seperti kegiatan belajar,biasanya jika kita belajar
maka akan ada ilmu yg kita dapatkan.begitu juga dengan belajar tentang bisnis
kita akan mendapatkan ilmu berupa pengalaman mengenai bagaimana cara-cara
berbisnis yg baik dan terkoordinasi sehingga sedikit banyak kita dapat
mengetahui gambaran mengenai dunia bisnis.
2.
Mendapatkan keuntungan yaitu dimana saat kita membuka bisnis pasti ada tujuan
untuk memperoleh keuntungan.Saat kita dapat meraih keuntungan banyak hal
positif yg akan kita dapat,misalkan kita dapat biaya kehidupan kita sehari
hari,menyimpan keuntunga tersebut untuk modal membuka bisnis baru dan dapat
menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.
3.
Jelaskan dengan 1 contoh nyata ( Universal ) mengenai hakikat bisnis
Jawab:
Hakikat
bisnis pada dasarnya adalah untuk memenuhi kebutuhan manusian dalam menyediakan
produk/jasa yg nantinya akan
menghasilkan keuntungan.Ketika pembisnis melihat kesempatan untuk memenuhi
kebutuhan masyarakat yg belum terpenuhi maka pembisnis akan menyediakannya
dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dan memperoleh keuntungan
dari kegiatan bisnis tersebut.Seperti contoh sebelum Gedung Universitas
Gunadarma Kalimalang sekarang dijadikan Kampus kegiatan bisnis di sekitar
Kampus seakan mati hanya ada satu jenis usaha yg masih tetap berdiri yaitu
Superindo,namun setelah gedung tersebut diresmikan sebagai Kampus Universitas
Gunadarma kegiatan bisnis sekitar kampus hidup kembali seperti kita lihat
sekarang banyak sekali penyedia layanan fotokopian dan makanan di sekitar area
Kampus Universitas Gunadarma.
4. Sebutkan apa saja faktor lingkungan internal dan
eksternal berikan alasananya.
Jawab:
1. Faktor Internal : 1.Tenaga
Kerja
2.Modal
3.Bahan
Baku
4.Peralatan/perlengkapan
produksi
Alasan
mengapa factor-faktor internal tersebut digunakan adalah karena faktor-faktor
tersebut merupakan faktor utama dan merupaka objek-objek penting dalam
pelaksanaan bisnis dalam suatu perusahaan.
2.
Faktor Eksternal : 1.Pemerintah
2.Pemegang
saham
3.Kreditor
4.Pesaing
5.Publik
6.Pesaing
7.Pemasok
Alasan
mengapa faktor-faktor diatas digunakan adalah karena fakor-faktor tersebut
saling tukar-menukar sumber dayanya dengan orgnisasi tersebut dan saling
bergantung satu sama lain.
TUGAS MINGGU 2
1.
Jelaskan bagaimana
cara mendirikan (berikan langkahnya) UKM dengan memperhatikan faktor produksi
Jawab
Langkahlangkah mendirikan UKM
dengan memperhatikan faktor produksi yaitu:
1. Menemukan
Ide,kita harus memiliki ide-ide yg dapat menguntungkan kita,tentunya kita harus
memilii ide-ide yg akan memberian kesempatan untuk melayani dan memenuhi
kebutuhan orang banyak.Setelah visi dan misi kita jelas maka kita siap menuju langkah
berikutnya.
2. Melakukan
Riset bisnis,melakukan riset pasa merupakan salah satu langkah paling penting
dalam memulai suatu usaha.Kita harus memiliki pengetahuan yg mendalam tentang
sektor yg akan kita masuki dan mengetahui persaingan seperti apa yg akan kita
hadapi.Intinya kita harus memiliki pengetahuan yg lengkap tentang bisnis yg
akan kita jalankan.
3. Menentukan Rencana bisnis.Rencana
bisnis sangatlah penting dimana kita dapat mengetahui secara detail dari usaha
termasuk rincian dari investasi modal,jenis
usaha,transaksi uang,transaksi pemasaran usaha kecil,strateri iklan,tenaga
kerja dll,dengan adanya rencana bisnis kita dapat mengetaui bagaimana biaya
untuk memulai usaha kecil.
2.
Berilah masing-masing sebanyak 5 contoh rill perusahaan
berdasarkan letak/tempat
Jawab
1. Letak/tempat
perusahaan terikat pada alam karena kemudahan dan ketersediaan bahan bakuSeperti:
a. Perusahaan tambang batubara di samarinda
b. Perusahaan pertambangan emas di cikotok (jawa barat)
c. Perusahaan aspal di buton (kep. Riau)
d. Pertamina di babelan
e. Perusahaan tambang gas di bontang (kalimantan timur)
2. Letak/tempat perusahaan berdasarkan sejarah karena aktivitasnya hanya di daerah tertentu dan hanya dapat dijelaskan secara sejarah atau diturunkan secara turun menurun
Seperti:
a.Usaha pendidikan di yogjakarta,
b.Pengrajin patung di bali,
c.Pengrajin batik di pekalongan
d.Pengrajin batik di solo
e.Perusahaan udang di Cirebon
3. Letak/tempat Pemerintah adalah perusahaan yang didirikan berdasarkan pertimbangan,keamanan,politik dan kesehatan Negara
Seperti :
a.PAL di Surabaya
b.Pt dirgantara di bandung,
c.Perusahaan besi dan baja di Krakatau steel
d.Kawasan industry pulogadung
e.Kawasan industry jababeka cikarang
4. Letak/tempat berdasarkan faktor – faktor ekonomi
Seperti :
a.Perusahaan kertas bekasi teguh di bekasi
b.Perusahaan semen gresik di gresik
c.Perusahaan listrik gajahmungkur di wonogiri
d.Perusahaan tambang emas Freeport di papua
e.Perusahaan pengelolah kayu inhutani di juatan
3.Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yg menjadi
tujuan perusahaan
Jawab:
Yg menjadi tujuan perusahaan adalah tujuan perusahaan adalah memaksimalkan nilai perusahaan itu,,sehingga
pada akhirnya pemilik perusahaan akan menjadi sejahtera contohnya
adalah nilai saham yg dipegang pemilik meningkat terus menerus atau perusahaan itu memiliki nilai pandang baik atau di percaya di masyarakat.
3.
Jelaskan apa yg dimaksud
lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan
Jawab:
Yg dimaksud dengan lingkungan
internal perusalah yaitu berbagai hal atau pihak yang terkait langsung dengan
kegiatan sehari hari organisasi, dan mempengaruhi
langsung terhadap setiap
program, kebijakan, hingga “denyut
nadi” nya organisasi sedangkan yg dimaksud
dengan lingkungan eksternal perusahaan merupaka
lingkungan yg meliputi
variabel-variabel
di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren di dalam lingkungan
ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi dalam lingkungan
kerja. Variabel variabel ini terbagi
menjadi dua jenis, yaitu ancaman dan
peluang. Yang mana
memerlukan pengendalian
jangka panjang dari
manajemen puncak organisasi.
4. Aplikasikan
setiap variabel lingkungan internal dan eksternal bagaiman pengaruhnya pada
suatu perusahaan
Jawab:
a.Lingkungan InternalLingkungan internal merupakan lingkungan yang yg biasanya digunakan untuk menentukan strenght (kekuatan) dan juga mengetahui weakness (kelemahan) perusahaan.
b. Lingkungan Eksternal
Lingkungan eksternal meupakan lingkungan yg berada di luar organisasi yg saling menukar sumber dayanya dengan organisasi tersebut dan tergantung satu sama lain.
6.Jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach
Jawab:
1. Producer oriented approach : produsen yang berorientasi pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
2. Consumer oriented approach : konsumen yang berorientasi pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh produsen dari pasar.
MINGGU 3
1.Jelaskan bentuk perusahaan dan berikan 5 contoh CV,YAYASAN,PT, ,KOPERASI,ASURANSI,LEASING,PESEROANTERBATAS NEGARA
Jawab:
a.CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.
Contoh :
1.Usaha Transportasi
2. Usaha furniture
3.Usaha penjilidan buku
4.Usaha industri makanan
5.Usaha kontraktor gedung
b. PT adalah organisasi
bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang
dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta
pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya.
Contoh:
1.PT Garuda Indonesia
2.PT Antam
3.PT Angkasa Pura II4.PT Industri telekomunikasi Indonesia
5.PT Cakra mineral
c.Yayasan
Yayasan
adalah badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang dipisahkan dan
diperuntukkan dalam mencapai tujuan tertentu dibidang sosial, keagamaan, dan
kemanusiaan yang tidak mempunyai anggota.Contoh:
1.Yayasan perguruan tinggi mahasiswa
2.Yayasan pendidikan dharma andalas
3.Yayasan SMK Gatra Praja Pekalongan
4.Yayasan SMK Dwija Praja Pekalongan
5.Yayasan SMK Nurul Ummah Paninggaran
d.Koperasi adalah badan usaha yang berlandaskan asas-asas kekeluargaan.
Contoh:
1.Koperasi Produksi
2.Koperasi Konsumsi
3.Koperasi kantin sekolah
4.Koperasi kredit
5.Koperasi Primer
e.Asuransi
Asuransi merupakan suatu perjanjian antara tertanggung atau nasabah dengan penanggung atau perusahaan asuransi.
Contoh:
1.Asuransi Kecelakaan
2.Asuransi kendaraan bermotor
3.Asuransi kecelakaan diri
4.Asuransi alat berat
5.Asuransi surat berharga
f.Leasing
Adalah setiap kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk penyediaan barang – barang modal untuk digunakan oleh suatu perusahaan untuk jangka waktu tertentu.
Contoh:
1.Adira
2.WOM
` 3.SOF (Summit Oto Finance)
4.FIF (Federal International Finance- Honda)
5.CAPTIVE LESSOR
g.Peseroan terbatas negara
Adalah salah satu Badan Usaha yang dikelola oleh Negara atau Daerah.
Contoh:
1.PT Pertamina (Persero)
2.PT Perkebunan Nusantara V (Persero)
3.BUMN perkebunan PTPN V
4.PT Adhi Karya ( Persero ) Tbk
5.PT Bank Mega Syariah
2.Sebutkan dan jelaskan tentang lembaga keuangan di Indonesia
Jawan:
1. Lembaga keuangan negara bukan bank
v Perum Penggadaian
Merupakan kegiatan meminjamkan barang saat meminjam uang
pada lembaga atau seseorang.
v Perusahaan Asuransi
Perusahaan asuransi ialah perusahaan yang bergerak di
bidang jasa pertanggungan risiko, misalnya risiko kecelakaan dan kebakaran.
Orang yang mempertanggungkan risiko dirinya harus membayar sejumlah uang kepada
perusahaan asuransi.
v
Dana pensiun
Pemerintah maupun
perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas (PT) umumnya memperhatikan masa
pensiun para pegawai maupun karyawannya.
v Koperasi Simpan Pinjam
Koperasi simpan pinjam, yaitu koperasi yang usahanya
menerima simpanan dan memberikan pinjaman kepada para anggota yang memerlukan
dengan persyaratan mudah dan bunga relatif ringan (di bawah bunga bank).
2. Lembaga keuangan nengara berupa Bank
v Bank
Umum Konvensional
Bank umum adalah bank yang dapat memberikan jasa dalam lalu
lintas pembayaran. Sifat jasa yang diberikan adalah umum, dalam arti dapat
memberikan seluruh jasa perbankan yang ada.
v Bank
Umum Syariah
Bank
Umum Syariah adalah Bank Umum yang melaksanakan kegiatan usahanya berdasarkan
prinsip syariah.
v Bank Pengkreditan Rakyat, bank yang menerima simpanan hanya dalam bentuk
deposito berjangka, tabungan dan atau bentuk lain yang dipersamakan dengan hal
itu (pasal 1 undang-undang no.7/1992 tentang perbankan).
Jawab:
1.Merger
Merger adalah proses difusi atau
penggabungan dua perseroan
dengan salah
satu di antaranya tetap berdiri dengan nama perseroannya sementara yang lain lenyap
dengan segala nama dan kekayaannya dimasukan dalam perseroan yang tetap berdiri tersebut.
2.Kartel
dalah kerja sama antara beberapa
badan usaha yang memproduksi dan memasarkan
barang yang sejenis.
3.Joint VentureJoint venture adalah kerja sama beberapa pihak untuk menyelenggarakan usaha bersama dalam jangka waktu tertentu.
TUGAS MINGGU 4
1.Sebutkan perbedaan wiraswasta dan wiraswastawan serta unsur apa yg
dimiliki wiraswastaJawab:
Wiraswasta adalah suatu profesi yang timbul karena interaksi antara ilmu pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan formal dengan seni yang hanya dapat diperoleh dari suatu rangkaian kerja yang diberikan dalam praktik sedangkan wiraswastawan merupakan semangat, perilaku dan kemampuan untuk memberikan tanggapan yang positif terhadap peluang memperoleh keuntungan untuk diri sendiri atau pelayanan yang baik pada masyarakat, dengan selalu mencari pelanggan lebih banyak dan melayani pelanggan lebih baik, serta menciptakan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dan menerapkan cara kerja yang lebih efisien, melalui keberanian mengambil resiko, kreatifitas dan inovasi serta kemampuan manajemen.
v Unsur-unsur
yg dimiliki wiraswasta unsur pengetahuan, unsur keterampilan, unsur sikap
mental, dan unsur kewaspadaan
2.Bagaimana perkembangan Franchising di Indonesia searching di ingernet
Jawab:
Dalam perkembangannya, sistem bisnis ini mengalami berbagai penyempurnaan terutama di tahun l950-an yang kemudian dikenal menjadi waralaba sebagai format bisnis (business format) atau sering pula disebut sebagai waralaba generasi kedua. Perkembangan sistem waralaba yang demikian pesat terutama di negeri asalnya, Amerika Serikat menyebabkan waralaba digemari sebagai suatu sistem bisnis diberbagai bidang usaha, mencapai 35 persen dari keseluruhan usaha ritel yang ada di AS. Sedangkan di Kerajaan Inggris (UK) berkembangnya waralaba dirintis oleh J Lyons melalui usahanya Wimpy and Golden Egg, pada dekade 60-an.
Format bisnis
waralaba memang tak dapat dipungkiri eksistensinya dan digemari oleh
pengusaha-pengusaha mengingat kecilnya risiko kegagalan yang mungkin timbul
dalam menjalankan usaha khususnya bagi pengusaha-pengusaha pemula. Bahkan
dibanyak negara, kegagalan usaha yang mempergunakan format bisnis waralaba
prosentasenya tidak lebih dari satu digit.
Di Indonesia,
waralaba sebagai format bisnis mulai dikenal pada awal dekade 80-an, seiring
masuknya waralaba asing disektor usaha rumah makan siap saji (fast food chain
restaurant) antara lain, KFC, Pioneer Take Out, Texas Church, dan lain-lainnya.
Jaringan bisnis ini berkembang sangat pesat dalam waktu yang singkat, bahkan
menurut data di Deperindag RI hingga tahun l997 (sebelum terjadinya Krisis
Moneter) telah terdaftar lebih dari 250 perusahaan sebagai penerima waralaba
(franchisee) dari suatu waralaba asing, dan tersebar di beberapa bidang usaha,
antara lain;
- rumah makan/restoran
- jasa pemasaran
- hotel
- toko buku dan toko cindera mata
- minimarket
- persewaan kendaraan
- pusat kebugaran dan perawatan tubuh
- penata rambut, salon kecantikan, dll.
Di sisi lain,
perusahaan lokal yang telah mengembangkan usahanya dengan mempergunakan format
bisnis waralaba jumlahnya tidaklah sebanyak waralaba asing banyak atau hanya
sekitar 10 persen dari jumlah waralaba asing yang ada di Indonesia. Perusahaan
lokal tersebut antara lain; Es Teller 77, CFC, ILP, LIA, Lutuye Salon, Rudy
Hadisuwarno, Indomaret dan lain-lainnya.
3.Berikan 5
contoh nyata usaha franchising yg bergerak di bidang
-Pendidikan
-Kesehatan
-Salon
dan Perawatan
-Makanan
lokal
-Otomotif
1.Bidang pendidikan: Jari
hitung cepat indonesia,salemba,IBSC TV presenter,IIAM dan LP3T Nurul Fikri
2.Bidang Kesehatan:
Kimia Farma, Apotek K-24, Rebel Gym, Century Health Care, Sinergi Fitness
Center.
3.Bidang
salon dan perawatan: Meji Mejiku Nail Salon, Aesthedica Skin Care, Pure
Beauty Care, VZ Skincare, Mustika Ratu.
4.Bidang
makanan lokal:
Meji Mejiku Nail Salon, Aesthedica Skin Care, Pure Beauty Care, VZ Skincare,
Mustika Ratu.
5.Bidang
otomatif:
CheapNClean, Auto Bridal, Cling Car Care & Car Wash, Fast & Drive, Shop
& Drive, Raja Motor.
4.Jelaskan perbedaan kewirausahaan dengan bisnis kecil
dengan contoh kasus nyata
Jawab:
Contoh nyata : Sebuah
kasus bisnis yang nyata, bagaimana dua orang yang berlatar belakang bukan
dari IT / computer, mampu menghasilkan 30-50 juta/bulan dari internet.
Benar-benar kasus bisnis yang unique. Ini nyata, biasanya orang yang tidak
berkecimpung di dunia internet marketing, menganggap hal ini masih tabu. Bahwa
dikiranya berbisnis lewat internet hanyalah bisnis tipu menipu, padahal
kenyataanya tidak lah begitu. Mungkin untuk di Indonesia sendiri, berbisnis
lewat internet masih merupakan hal yang dianggap aneh, bagaimana orang bisa
langsung percaya pada orang yang baru dikenalnya lewat internet dan langsung
memberikan uang mereka disana. Padahal tidak se-simple itu, berbisnis di
internet sama saja dengan berbisnis konvensional seperti biasa. Hanya saja
mediasinya dilakukan lewat internet. Dua orang tersebut adalah para pembuat
produk informasi terkenal asal indonesia. Yang pertama adalah Joko Susilo, di
Indonesia sendiri Joko Susilo mampu menguasai pasar Indonesia dengan meraup
keuntungan lebih dari 3 milliar sampai saat ini. Hanya dari internet. Yang
kedua adalah Welly Mulia, pria berkebangsaan Indonesia Raya ini juga merupakan
information product maker yang taringnya kelihatan sampai ke luar negeri. Ciri
khas produk Welly adalah produknya lebih mengarah pada praktis, tetapi tanpa
mengabaikan hal-hal yang bersifat konsep utama. Sehingga kalau kita membaca
ebooknya serasa dituntun langsung oleh Welly.
Pertemuan ke 5
1.Aplikasikan fungsi manajement pada suatu
perusahaan yg nyata/Rill
Prinsip pengelolaan
sumber daya manusia:
Jawab:
·
Tenaga kerja dikelola bukan sebagai biaya tetapi sebagai asset
atau kekayaan perusahaan yang utama
·
Tenaga kerja sebagai individu yang memiliki integritas dan
keinginan untuk berbakti pada perusahaan dan masyarakat lingkungannya.
·
Tenaga kerja dikelola dalam rangka peningkatan kompetensi dan
komitmennya pada pekerjaan dan pada perusahaannya.
·
Tenaga kerja dikelola dengan orientasi pada pencapaian hasil
yang dapat dipertanggungjawabkan.
·
Tenaga kerja dikelola dengan fokus peningkatan kerjasama sebagai
suatu tim kerja untuk mencapai kepentingan bersama.
·
Tenaga kerja dikelola dalam rangka penciptaan dan atau
peningkatan jaringan kerja (networking)
Langkah-langkah
pengelolaan SDM yang bekerja di dalam perusahaan:
·
Menentukan kebutuhan pegawai/karyawan dan tujuan yang akan
dicapai perusahaan
·
Mengadakan observasi dan penelitian tentanng SDM
·
Menyelesaikan masalah-masalah SDM di dalam perusahaan dengan
menetapkan metode yang diperkirakan ada frelevansinya dengan kperluan
pengelolaan SDM yang berkualitas di dalam perusahaan
·
Berdasarkan hasil pemilihan dan hasil percobaan terhadap SDM
sebagai pegawai/ karyawan di dalam perusahaan, akan ditemukan metode-metode
atau alternatif penyelesaian pengelolaan SDM yang berkualita sebagai tenaga
kerja di dalam perusahaan
·
Metode-metode yang telah dipilih dan diuji, terus dievaluasi
berdasarkna hasil pengalaman wirausaha di dalam mengelola SDm di perusahaannya.
·
Akhirnya, wirausaha melaksanakan metode pengelolaan SDM yang
sudah ditentukan dengan menetapkan pelaksana-pelaksana atau petugas yang ada di
perusahaan.
Tahapan-tahapan dalam
membuat pengelolaan SDM meliputi: ramalan, sasaran, kebijaksanaan, program,
faktor waktu, prosedur kerja, dan anggaran biaya.
Maksud dan tujuan
pengelolaan SDM:
·
Mendapatkan pegawai/karyawan dan membinanya dalam rangka
mendayagunakan SDm yang berkualitas didalam melaksanakan pekerjaannya
·
Meningkatkan kreativitas, inovatif, prestatif, dan keterampilan
kerja pegawai/karyawan di dalam perusahaan milik wirausaha
·
Menciptakan suasana dan hubungan kerja yang lebih baik,
harmonis, dan serasi di antara para pegawai/karyawan, baik secara vertikal
maupun horizontal
Pengembangan
pengelolaan SDM dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan / pendidikan kepada
karyawan agar mereka memperoleh kemampuan, ketrampilan, dan keahlian di dalam
melaksanakan pekerjaan.
Peranan pengelolaan
SDM:
·
Pelaksana proses pengembangan usaha/bisnis
·
Kunci maju mundurnya kegiatan usaha/bisnis
·
SDM yang produktif, inovatif, dan prestatif
·
Perencana dan pengatur organisasi di dalam perusahaan milik
wirausaha
·
Modal dasar pengembangan usaha atau bisnis
·
Dinamisator pengembangan dan kemajuan usaha atau bisnis
·
Pengendali proses produksi yang efektif dan efisien
·
Penggerak manajemen usaha/bisnis
·
Adminstrator kepegawaian di dalam perusahaan milik wirausaha
·
Generator ketenagakerjaan di dalam perusahaan milik wirausaha
Tujuan penilaian SDM
yang berkualitas:
·
Pertimbangan untuk tambahan gaji/upah/bonus
·
Menilai aktivitas, kreativitas dan inovatif pegawai/karyawan
dalam melaksanakan tugas
·
Menilai kemampuan, kecakapan dan keterampilan pegawai/karyawan
dalam melaksanakan tugas
·
Pertimbangan untuk promosi pegawai/karyawan perusahaan
Parameter penilaian dan
pengelolaan SDM:
·
Kejujuran pegawai
·
Tanggung jawab dalam bekerja
·
Keandalan dan kemahiran
·
Kualitas pekerjaan
·
Inisiatif, inovatif, dan presentatif
·
Pemanfaatan waktu dalam bekerja
·
Sikap pegawai terhadap perusahaan
·
Pengetahuan pegawai terhadap perusahaan
·
Kerjasama pegawai di dalam perusahaan
·
Kehadiran dan kerajinan pegawai bekerja di dalam perusahaan
Pelaksanaan
Pengelolaan SDM:
1)
Latihan dan Pendidikan
Macam-macam latihan
dan pendidikan:
·
Latihan industri (industrion training): bertujuan membantu pegawai/karywan
dalam menyelesaikan pekerjaannya secara efektif dan efisien.
·
Latihan tugas (job training): bertujuan memberikan instruksi
kepada pegawai/karyawan guna melaksanakan tugas-tugas tertentu di dalam
perusahaan
·
Latihan supervisor (supervisor training): bertujuan untuk
melatih pegawai/karyawan tentang bagaimana memeriksa dan mengawasi kegiatan
pekerjaan dalam perusahaan
·
Latihan manajemen (management training): bertujuan untuk melatih
pegawai/karyawan yang memangku suatu jabatan tertentu di dalam perusahaannya,
misalnya untuk menjadi sekretaris atau akuntan
·
Latihan pengembangan pimpinan (executive development): bertujuan
untuk pengembangan pimpinan/manajer perusahaan milik wirausaha agar mereka
memperoleh kemampuan memimpin anak buanhnya dalam rangka pengembangan usaha
2)
Mutasi
Adalah kegiatan dari
pimpinan perusahaan untuk memindahkan karyawan dari suatu pekerjaan ke
pekerjaan lain yang dianggap setingkat atau sejajar.
Tujuan mutasi:
·
Meningkatkan produktivitas kerja
·
Mendayagunakan pegawai
·
Mengembangkan kecakapan dan keterampilan pegawai
·
Menin gkatkan tenaga kerja ahli pada unit-unit yang membutuhkan
dalam perusahaan\
·
Mengisi jabatan-jabatan yang belum terisi dalam perusahaan
Alasan perlu adanya
mutasi:
·
Menempatkan pegawai/karyawan yang tepat pada jabatan tertentu
·
Meningkatkan prestasi kerja
·
Menanamkan rasa senang dalam melaksanakan tugas/bekerja
·
Menimbulkan rasa puas dalam bekerja
·
Meningkatkan ilmu pengetahuan dan kecakapan pegawai
·
Menghilangkan rasa jenuh atau bosan dalam bekerja
3)
Promosi
Adalah: kenaikan
jabatan yang lebih tinggi, baik kekuasaan maupun tanggungjawab seorang
pegawai/karyawan dalam suatu struktur organisasi di perusahaan
Tujuan diadakannya
promosi:
·
Dapat meningkatkan semangat kerja
·
Merupakan suatu penghargaan terhadap pegawai/karyawan yang cukup
membanggakan
·
Dapat menjamin stabilitas kepegawaian di dalam perusahaan
·
Menanamkan rasa kepuasan di dalam bekerja
·
Meningkatkan produktivitas
·
Menambah harga diri yang kuat pada waktu bekerja
·
Dapat meningkatkan kegairahan didalam bekerja
·
Adanya motivasi ke arah prestasi para pegawai/karyawan
Manfaat evaluasi SDM
melalui promosi sbb:
·
Alat motivasi SDM
·
Alat memperbaiki kesalahan pada waktu bekerja
·
Alat untuk meningkatkan SDM dalam hal kecakapan, keterampilan,
dan kemampuannya dalam bekerja
2. Batlah skema ciri-ciri manager profesional
ketrampilan manajement yg dibutuhkan
Jawab:
DASAR KETRAMPILAN MANAJER :
1. Ketrampilan diperlukan untuk melakukan Teknis
Ketrampilan yang Kepemimpinan dibagi menjadi sebagai berikut :
1. Ketrampilan diperlukan untuk melakukan Teknis
Ketrampilan yang Kepemimpinan dibagi menjadi sebagai berikut :
1. Level Top Leader/Top Management
Pimpinan puncak, misalnya, direktur utama. Melakukan tugas yang bersifat konseptual. Misalnya, melakukan perencanaan yang akan dilakukan seluruh anggota.
2. Level Middle Leader/Middle Management
Golongan menengah, misalnya, staf produksi, manajer keuangan. Melakukan tugas konseptual sebagai penjabaran dari top management, juga melakukan pekerjaan tersebut. Penguasaan teknis relatif penting.
3. Lower Leader/Lower Management
Golongan bawah, misalnya, supervisor, mandor dan pelaksana teknis. Harus menguasai teknis walaupun secara konseptual tidak begitu penting.
tugas khusus.
Pimpinan puncak, misalnya, direktur utama. Melakukan tugas yang bersifat konseptual. Misalnya, melakukan perencanaan yang akan dilakukan seluruh anggota.
2. Level Middle Leader/Middle Management
Golongan menengah, misalnya, staf produksi, manajer keuangan. Melakukan tugas konseptual sebagai penjabaran dari top management, juga melakukan pekerjaan tersebut. Penguasaan teknis relatif penting.
3. Lower Leader/Lower Management
Golongan bawah, misalnya, supervisor, mandor dan pelaksana teknis. Harus menguasai teknis walaupun secara konseptual tidak begitu penting.
tugas khusus.
2. Ketrampilan Hubungan Manusia
Ketrampilan untuk memahami dan bekerjasama
dengan orang lain
3. Ketrampilan Konseptual
Ketrampilan terkait dengan kemampuan untuk
berpikir pada hal-hal yang abstrak, mendiagnosis dan menganalisis situasi yang
berbeda dan memandang jauh kedepan.
4. Ketrampilan Pengambilan Keputusan
Kemampuan dalam identifikasi masalah, dan
menentukan langkah terbaik untuk menyelesaikan masalah.
5. Ketrampilan Pengelolaan Waktu
Ketrampilan yang berkaitan dengan
pemanfaatan waktu secara produktif.
Pertemuan Ke 6
Manajemen Pemasaran
Soal
1.Sebutkan perbedaan pasar
& pemasaran !
Jawab:
Jawab:
1.Menurut Koller dan Amstrong,Pemasaran adalah
proses manajerial yang didalamnya, individu serta kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan saling mempertukarkan
produk-produk dan nilai satu sama lain. Kotler dan Amstrong (1999) juga mendefinisikan
pasar adalah seperangkat pembeli aktual dan potensial dari sebuah produk atau jasa.
Ukuran dari pasar sendiri tergantung pada jumlah orang yang menunjukan
kebutuhan, memiliki kemampuan dalam pertukaran.
2.Jelaskan yg dimaksud dengan bauran
pemasaran
Jawab:
Kotler (2000:18) mendefinisikan bauran pemasaran adalah
seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan
pemasaran di dalam pasar sasaran. Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel
terkendali yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dari
segmen pasar tertentu yang dituju perusahaan.
Pertemuan Ke 7
I. PENGERTIAN PRODUKSI
Jawab:
Produksi
adalah kegiatan perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa dari bahanbahan
atau sumber-sumber faktor produksi dengan tujuan untuk dijual lagi. . Tanggung
jawab produksi sangat berkaitan erat dan secara langsung memberikan dampak yang
besar bagi perusahaan. Oleh karena itu tanggung jawab manajer adalah memutuskan
keputusan-keputusan penting untuk mengubah sumber-sumber ekonomi menjadi hasil
yang dapat dijual.
keputusan
manajer produksi ada dua macam:
1.
Keputusan yang berhubungan dengan desain
dari sistem produksi manufaktur.
Keputusan ini menyangkut penentuan desain produk barang yang
sedang diproses, kemudian peralatannya, pembagian tugas, lokasi produksi dan
fasilitas yang diperlukan maupun lay out fasilitas tersebut bagaimana agar
tercapai proses produksi bisa berlangsung secara efisien.
2. Keputusan yang
berhubungan dengan operasi dan pengendalian sistem tersebut baik dalam jangka jangka pendek maupun jangka panjang.
Kepitusan ini menyangkut proses
pengolahan barang itu sendiri sampai bagaimana mengendalikan proses pengolahan,
persediaan, kualitas maupun biayanya.
Adapun proses
produksi menurut pembagian yang macam-macam digolongkan menjadi 4 golongan:
1.
Sifat produk
2.
Tipe proses produksi ( jangka waktu
produksi).
3.
Berdasarkan manfaat yang diciptakan.
4.
Teknik (sifat ) proses produksi.
Jadi kegiatan
suatu perusahaan sangat tergantung pada
pertimbangan-pertimbangan:
- Dana yang tersedia pada perusahaan.
- Kebijaksanaan yang diambil perusahaan.
- Standar kualitas produk.
- Kemampuan tenaga kerja bagian servis, dsb.
- Dana yang tersedia pada perusahaan.
- Kebijaksanaan yang diambil perusahaan.
- Standar kualitas produk.
- Kemampuan tenaga kerja bagian servis, dsb.
Pertemuan Ke 8
Konsep Nilai Waktu & Uang
1. Buat 1 contoh perhitungan sejumlah uang berdasarkan
rumus bunga majemuk
Jika suatu modal sebesar Rp
15.000.000,- dibungakan dengan bunga tunggal dengan suku bunga sebesar 1,2%
perbulan. Dalam waktu berapa bulan, agar modal tersebut menjadi dua kali dari
modal semula?
Penyelesaian:
Besar bunga untuk satu bulan adalah
Penyelesaian:
Besar bunga untuk satu bulan adalah
B1 = 1,2/100 x Rp. 15.000.000,- Rp. 180.000,-
Besar bunga selama n bulan adalah
Besar bunga selama n bulan adalah
Bn = n x Rp180.000,
Besar modal setelah n bulan adalah
Besar modal setelah n bulan adalah
Mn = Rp15.000.000,- + Bn
=
Rp15.000.000,- + [n x Rp180.000,-]
Setelah n bulan, modal menjadi dua kali modal semula.
Setelah n bulan, modal menjadi dua kali modal semula.
Jadi Mn = 2 x Rp15.000.000,- = Rp30.000.000,-
Akibatnya
Rp30.000.000,-
= Rp15.000.000,- + [n x Rp180.000,-]
Atau
Rp15.000.000,-
= [n x Rp180.000,-]
Pertemuan ke 9
Manajemen Keuangan Perusahaan
1.Sebutkan perbedaan keputusan pembelanjaan &
pembiayaan
2. Sebutkan metode penilaian investasi & berikan rumusnya
2. Sebutkan metode penilaian investasi & berikan rumusnya
Jawab
1. Keputusan pembelian
(purchase decision).
Adalah keputusan yg dilakukan konsumen setelah konsumen mengevaluasi beberapa alternatif strategis yang ada, konsumen akan membuat keputusan pembelian.Terkadang waktu yang dibutuhkan antara membuat keputusan pembelian dengan menciptakan pembelian yang aktual tidak sama dikarenakan adanya hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.
Adalah keputusan yg dilakukan konsumen setelah konsumen mengevaluasi beberapa alternatif strategis yang ada, konsumen akan membuat keputusan pembelian.Terkadang waktu yang dibutuhkan antara membuat keputusan pembelian dengan menciptakan pembelian yang aktual tidak sama dikarenakan adanya hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.
2.Metode penilaian investasi
dan rumusnya antara lain:
1. Payback Period (PP)
Rumus PP =
(Nilai Investasi / Kas Masuk Bersih) x 1 tahun
2. Net Present Value (NPV)
Rumus
untuk NPV adalah:
3. Profitability Index
(PI)
Rumus :
PI
= PV
Kas Masuk/ PV Kas Keluar
4.Internal
Rate of Return(IRR)
Rumus:
IRR
|
=
|
I2
|
+
|
NPV2
|
x
|
(i2
– i1)
|
NPV1 -
NPV2
|
5. Break even point ( BEP)
BEP – Laba = (FC
+ Target Laba) / (P – VC)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar