Laman

Life is a game with obstacles encountered and when there is a chance, we have to seize it.

Sabtu, 21 November 2015

Tugas Minggu 1


SOAL MINGGU 1



1       Jelaskan apa yg dimaksud dengan bisnis menurut kelompok anda dan berikan 20 contoh bisnis nyata ( Universal)
Jawab:
Bisnis Merupakan suatu usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia berupa kegiatan tukar menukar barang atau jasa dari organisasi formal maupun informal yg nantinya akan menghasilkan laba.
Contoh bisnis nyata( Universal)        :
1.     Usaha Pulsa Elektrik
2.     Usaha Kuliner
3.     Usaha Bimbingan Belajar
4.     Usaha Jahit Pakaian
5.     Usaha cuci motor/mobil
6.     Usaha pangkas rambut
7.     Usaha took klontong
8.     Usaha bengkel
9.     Usaha service AC
10.  Usaha laundry pakaian
11.  Usaha fotocopy
12.  Usaha pengetikan
13.  Usaha took emas
14.  Usaha sablon
15.  Usaha penyewaan mobil
16.  Usaha mebel
17.  Usaha took elektronik
18.  Usaha took parfum
19.  Usaha kios Koran
20.  Usaha penyediaan lapangan futsal
2.          Beikan alasan mengapa orang belajar bisnis dan jelaskan masing-masing alasan tersebut.
            Jawab:
            Alasan seseorang harus belajar bisnis adalah
            1. Untuk menambah pengalaman,seperti kegiatan belajar,biasanya jika kita belajar maka akan ada ilmu yg kita dapatkan.begitu juga dengan belajar tentang bisnis kita akan mendapatkan ilmu berupa pengalaman mengenai bagaimana cara-cara berbisnis yg baik dan terkoordinasi sehingga sedikit banyak kita dapat mengetahui gambaran mengenai dunia bisnis.
            2. Mendapatkan keuntungan yaitu dimana saat kita membuka bisnis pasti ada tujuan untuk memperoleh keuntungan.Saat kita dapat meraih keuntungan banyak hal positif yg akan kita dapat,misalkan kita dapat biaya kehidupan kita sehari hari,menyimpan keuntunga tersebut untuk modal membuka bisnis baru dan dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

3.         Jelaskan dengan 1 contoh nyata ( Universal ) mengenai hakikat bisnis
            Jawab:
            Hakikat bisnis pada dasarnya adalah untuk memenuhi kebutuhan manusian dalam menyediakan produk/jasa yg  nantinya akan menghasilkan keuntungan.Ketika pembisnis melihat kesempatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yg belum terpenuhi maka pembisnis akan menyediakannya dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sekitar dan memperoleh keuntungan dari kegiatan bisnis tersebut.Seperti contoh sebelum Gedung Universitas Gunadarma Kalimalang sekarang dijadikan Kampus kegiatan bisnis di sekitar Kampus seakan mati hanya ada satu jenis usaha yg masih tetap berdiri yaitu Superindo,namun setelah gedung tersebut diresmikan sebagai Kampus Universitas Gunadarma kegiatan bisnis sekitar kampus hidup kembali seperti kita lihat sekarang banyak sekali penyedia layanan fotokopian dan makanan di sekitar area Kampus Universitas Gunadarma.
4.         Sebutkan apa saja faktor lingkungan internal dan eksternal berikan alasananya.
            Jawab:
            1. Faktor Internal        :           1.Tenaga Kerja
                                                            2.Modal
                                                            3.Bahan Baku
                                                            4.Peralatan/perlengkapan produksi
Alasan mengapa factor-faktor internal tersebut digunakan adalah karena faktor-faktor tersebut merupakan faktor utama dan merupaka objek-objek penting dalam pelaksanaan bisnis dalam suatu perusahaan.
            2. Faktor Eksternal     :           1.Pemerintah
                                                            2.Pemegang saham
                                                            3.Kreditor
                                                            4.Pesaing
                                                            5.Publik
                                                            6.Pesaing
                                                            7.Pemasok
Alasan mengapa faktor-faktor diatas digunakan adalah karena fakor-faktor tersebut saling tukar-menukar sumber dayanya dengan orgnisasi tersebut dan saling bergantung satu sama lain.








TUGAS MINGGU 2
1.     Jelaskan bagaimana cara mendirikan (berikan langkahnya) UKM dengan memperhatikan faktor produksi
Jawab
Langkahlangkah mendirikan UKM dengan memperhatikan faktor produksi yaitu:
       1. Menemukan Ide,kita harus memiliki ide-ide yg dapat menguntungkan kita,tentunya kita harus memilii ide-ide yg akan memberian kesempatan untuk melayani dan memenuhi kebutuhan orang banyak.Setelah visi dan misi  kita jelas maka kita siap menuju langkah berikutnya.
       2. Melakukan Riset bisnis,melakukan riset pasa merupakan salah satu langkah paling penting dalam memulai suatu usaha.Kita harus memiliki pengetahuan yg mendalam tentang sektor yg akan kita masuki dan mengetahui persaingan seperti apa yg akan kita hadapi.Intinya kita harus memiliki pengetahuan yg lengkap tentang bisnis yg akan kita jalankan.
                   3. Menentukan Rencana bisnis.Rencana bisnis sangatlah penting dimana kita dapat mengetahui secara detail dari usaha termasuk rincian dari investasi     modal,jenis usaha,transaksi uang,transaksi pemasaran usaha kecil,strateri iklan,tenaga kerja dll,dengan adanya rencana bisnis kita dapat mengetaui bagaimana biaya untuk memulai usaha kecil.

2.     Berilah masing-masing sebanyak 5 contoh rill perusahaan berdasarkan letak/tempat
Jawab
                        1. Letak/tempat perusahaan terikat pada alam karena kemudahan dan                                                ketersediaan bahan baku
                                        Seperti: 
                                              a. Perusahaan tambang batubara di samarinda
                                              b. Perusahaan pertambangan emas di cikotok (jawa barat)
                                              c. Perusahaan aspal di buton (kep. Riau)
                                              d. Pertamina di babelan
                                              e. Perusahaan tambang gas di bontang (kalimantan timur)

                        2. Letak/tempat perusahaan berdasarkan sejarah karena aktivitasnya hanya                                        di daerah tertentu  dan hanya dapat dijelaskan secara sejarah atau                                                    diturunkan secara turun menurun
                                       Seperti: 
                                                a.Usaha pendidikan di yogjakarta,
                                                b.Pengrajin patung di bali,
                                                c.Pengrajin batik di pekalongan
                                                d.Pengrajin batik di solo
                                                e.Perusahaan udang di Cirebon

                        3. Letak/tempat Pemerintah adalah perusahaan yang didirikan berdasarkan                                         pertimbangan,keamanan,politik dan kesehatan Negara
                                        Seperti :
                                                a.PAL di Surabaya
                                                b.Pt dirgantara di bandung,
                                                c.Perusahaan besi dan baja di Krakatau steel
                                                d.Kawasan industry pulogadung
                                                e.Kawasan industry jababeka cikarang


                        4. Letak/tempat berdasarkan faktor – faktor ekonomi
                                      Seperti :
                                    a.Perusahaan kertas bekasi teguh di bekasi
                                    b.Perusahaan semen gresik di gresik
                                    c.Perusahaan listrik gajahmungkur di wonogiri
                                    d.Perusahaan tambang emas Freeport di papua
                                    e.Perusahaan pengelolah kayu inhutani di juatan

            3.Sebutkan dan jelaskan dengan singkat apa yg menjadi tujuan perusahaan
            Jawab:
                               Yg menjadi tujuan perusahaan adalah tujuan perusahaan adalah                                   memaksimalkan nilai perusahaan itu,,sehingga pada akhirnya pemilik                                          perusahaan akan menjadi sejahtera contohnya adalah nilai saham yg dipegang                                  pemilik  meningkat terus menerus  atau perusahaan itu memiliki nilai pandang                                   baik atau di percaya di masyarakat.

3.     Jelaskan apa yg dimaksud lingkungan internal dan eksternal suatu perusahaan
Jawab:
                      Yg dimaksud dengan lingkungan internal perusalah yaitu berbagai hal atau                                          pihak yang terkait langsung dengan kegiatan sehari hari organisasi, dan                                         mempengaruhi langsung terhadap setiap program, kebijakan,                                                            hingga “denyut nadi” nya organisasi sedangkan yg dimaksud dengan                                                  lingkungan eksternal perusahaan merupaka lingkungan  yg meliputi                                                  variabel-variabel di luar organisasi yang dapat berupa tekanan umum dan tren                                    di dalam  lingkungan ataupun faktor-faktor spesifik yang beroperasi dalam                                      lingkungan kerja. Variabel  variabel ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu                                                    ancaman dan peluang. Yang mana memerlukan  pengendalian jangka                                                     panjang dari manajemen puncak organisasi.
4.     Aplikasikan setiap variabel lingkungan internal dan eksternal bagaiman pengaruhnya pada suatu perusahaan
Jawab:
                                    a.Lingkungan Internal
                                                Lingkungan internal merupakan lingkungan yang yg biasanya                                                 digunakan untuk menentukan strenght (kekuatan) dan juga mengetahui                                         weakness (kelemahan) perusahaan.
                                    b. Lingkungan Eksternal
                                                Lingkungan eksternal meupakan lingkungan yg berada di luar                                                 organisasi yg saling menukar sumber dayanya dengan organisasi tersebut                                         dan tergantung satu sama lain.
            6.Jelaskan perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach
            Jawab:
                                    1. Producer oriented approach : produsen yang berorientasi                                                                        pendekatan, maksudnya menjual barang dan jasa ke pasar.
                                    2. Consumer oriented approach : konsumen yang berorientasi                                                        pendekatan, maksudnya membeli barang dan jasa yang di jual oleh                                         produsen dari pasar.






MINGGU 3
                       
            1.Jelaskan bentuk perusahaan dan berikan 5 contoh             CV,YAYASAN,PT,                                        ,KOPERASI,ASURANSI,LEASING,PESEROANTERBATAS                                                         NEGARA
            Jawab:
                                    a.CV adalah suatu bentuk badan usaha bisnis yang didirikan dan                            dimiliki oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama dengan                                     tingkat keterlibatan yang berbeda-beda di antara anggotanya.

            Contoh :
                                    1.Usaha Transportasi
                                    2. Usaha furniture
                                    3.Usaha penjilidan buku
                                    4.Usaha industri makanan
                                    5.Usaha kontraktor gedung



b. PT adalah organisasi bisnis yang memiliki badan hukum resmi yang dimiliki oleh minimal dua orang dengan tanggung jawab yang hanya berlaku pada perusahaan tanpa melibatkan harta pribadi atau perseorangan yang ada di dalamnya.
Contoh:
             1.PT Garuda Indonesia
               2.PT Antam
                                                3.PT Angkasa Pura II
                                                4.PT Industri telekomunikasi Indonesia
                                                5.PT Cakra mineral



c.Yayasan
                                                Yayasan adalah badan hukum yang terdiri atas kekayaan yang                                                 dipisahkan dan diperuntukkan dalam mencapai tujuan tertentu dibidang                                              sosial, keagamaan, dan kemanusiaan yang tidak mempunyai anggota.
            Contoh:
                                                1.Yayasan perguruan tinggi mahasiswa
                                                2.Yayasan pendidikan dharma andalas
                                                3.Yayasan SMK Gatra Praja Pekalongan
                                                4.Yayasan SMK Dwija Praja Pekalongan
                                                5.Yayasan SMK Nurul Ummah Paninggaran




                                    d.Koperasi adalah badan usaha yang berlandaskan asas-asas kekeluargaan.
             Contoh:
                                                1.Koperasi Produksi
                                                2.Koperasi Konsumsi
                                                3.Koperasi kantin sekolah
                                                4.Koperasi kredit
                                                5.Koperasi Primer

                                    e.Asuransi
                                                Asuransi merupakan suatu perjanjian antara tertanggung atau                                                 nasabah dengan penanggung atau perusahaan asuransi.
            Contoh:
                                                1.Asuransi Kecelakaan
                                                2.Asuransi kendaraan bermotor
                                                3.Asuransi kecelakaan diri
                                                4.Asuransi alat berat
                                                5.Asuransi surat berharga



                                    f.Leasing
                                                Adalah setiap kegiatan pembiayaan perusahaan dalam bentuk                                                 penyediaan barang – barang modal untuk digunakan oleh suatu                                                   perusahaan untuk jangka waktu tertentu.
            Contoh:
                                                1.Adira
                                                2.WOM
`                                               3.SOF (Summit Oto Finance)
                                                4.FIF (Federal International Finance- Honda)
                                                5.CAPTIVE LESSOR




                                    g.Peseroan terbatas negara
                                                Adalah salah satu Badan Usaha yang dikelola oleh Negara atau                                         Daerah.
            Contoh:
                                                1.PT Pertamina (Persero)
                                                2.PT Perkebunan Nusantara V (Persero)
                                                3.BUMN perkebunan PTPN V
                                                4.PT Adhi Karya ( Persero ) Tbk
                                                5.PT Bank Mega Syariah

2.Sebutkan dan jelaskan tentang lembaga keuangan di Indonesia
Jawan:
            1. Lembaga keuangan negara bukan bank
v Perum Penggadaian
            Merupakan kegiatan meminjamkan barang saat meminjam uang pada lembaga atau seseorang.
v Perusahaan Asuransi
            Perusahaan asuransi ialah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pertanggungan risiko, misalnya risiko kecelakaan dan kebakaran. Orang yang mempertanggungkan risiko dirinya harus membayar sejumlah uang kepada perusahaan asuransi.
v Dana pensiun
            Pemerintah maupun perusahaan yang berbentuk perseroan terbatas (PT) umumnya memperhatikan masa pensiun para pegawai maupun karyawannya.
v Koperasi Simpan Pinjam
            Koperasi simpan pinjam, yaitu koperasi yang usahanya menerima simpanan dan memberikan pinjaman kepada para anggota yang memerlukan dengan persyaratan mudah dan bunga relatif ringan (di bawah bunga bank).
          2. Lembaga keuangan nengara berupa Bank
v Bank Umum Konvensional
          Bank umum adalah bank yang dapat memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran. Sifat jasa yang diberikan adalah umum, dalam arti dapat memberikan seluruh jasa perbankan yang ada.
v Bank Umum Syariah 
            Bank Umum Syariah adalah Bank Umum yang melaksanakan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah.
v Bank Pengkreditan Rakyat, bank yang menerima simpanan hanya dalam bentuk deposito berjangka, tabungan dan atau bentuk lain yang dipersamakan dengan hal itu (pasal 1 undang-undang no.7/1992 tentang perbankan).





3.Apa yg dimaksud denga  merger,joint ventur dan kartel
Jawab:
                        1.Merger
                                    Merger adalah proses difusi atau penggabungan dua perseroan dengan                                     salah satu di antaranya tetap berdiri dengan nama perseroannya sementara yang                                    lain lenyap dengan segala nama dan kekayaannya dimasukan dalam perseroan                                  yang tetap berdiri tersebut.
                        2.Kartel
                                    dalah kerja sama antara beberapa badan usaha yang memproduksi dan                               memasarkan barang yang sejenis.
                        3.Joint Venture
                                    Joint venture adalah kerja sama beberapa pihak untuk                                 menyelenggarakan usaha bersama dalam jangka waktu tertentu.





TUGAS MINGGU 4
1.Sebutkan perbedaan wiraswasta dan wiraswastawan serta unsur apa yg dimiliki wiraswasta
Jawab:
            Wiraswasta adalah suatu profesi yang timbul karena interaksi antara ilmu pengetahuan yang diperoleh dari pendidikan formal dengan seni yang hanya dapat diperoleh  dari suatu rangkaian kerja yang diberikan dalam praktik sedangkan wiraswastawan merupakan semangat, perilaku dan kemampuan untuk memberikan tanggapan yang positif terhadap peluang memperoleh keuntungan untuk diri sendiri atau pelayanan yang baik pada masyarakat, dengan selalu mencari pelanggan lebih banyak dan melayani pelanggan lebih baik, serta menciptakan dan menyediakan produk yang lebih bermanfaat dan menerapkan cara kerja yang lebih efisien, melalui keberanian mengambil resiko, kreatifitas dan inovasi serta kemampuan manajemen.
v Unsur-unsur yg dimiliki wiraswasta unsur pengetahuan, unsur keterampilan, unsur sikap mental, dan unsur kewaspadaan

2.Bagaimana perkembangan Franchising di Indonesia searching di ingernet
Jawab:
            Dalam perkembangannya, sistem bisnis ini mengalami berbagai penyempurnaan terutama di tahun l950-an yang kemudian dikenal menjadi waralaba sebagai format bisnis (business format) atau sering pula disebut sebagai waralaba generasi kedua. Perkembangan sistem waralaba yang demikian pesat terutama di negeri asalnya, Amerika Serikat menyebabkan waralaba digemari sebagai suatu sistem bisnis diberbagai bidang usaha, mencapai 35 persen dari keseluruhan usaha ritel yang ada di AS. Sedangkan di Kerajaan Inggris (UK) berkembangnya waralaba dirintis oleh J Lyons melalui usahanya Wimpy and Golden Egg, pada dekade 60-an.
                        Format bisnis waralaba memang tak dapat dipungkiri eksistensinya dan digemari oleh pengusaha-pengusaha mengingat kecilnya risiko kegagalan yang mungkin timbul dalam menjalankan usaha khususnya bagi pengusaha-pengusaha pemula. Bahkan dibanyak negara, kegagalan usaha yang mempergunakan format bisnis waralaba prosentasenya tidak lebih dari satu digit.
                        Di Indonesia, waralaba sebagai format bisnis mulai dikenal pada awal dekade 80-an, seiring masuknya waralaba asing disektor usaha rumah makan siap saji (fast food chain restaurant) antara lain, KFC, Pioneer Take Out, Texas Church, dan lain-lainnya. Jaringan bisnis ini berkembang sangat pesat dalam waktu yang singkat, bahkan menurut data di Deperindag RI hingga tahun l997 (sebelum terjadinya Krisis Moneter) telah terdaftar lebih dari 250 perusahaan sebagai penerima waralaba (franchisee) dari suatu waralaba asing, dan tersebar di beberapa bidang usaha, antara lain;
  • rumah makan/restoran
  • jasa pemasaran
  • hotel
  • toko buku dan toko cindera mata
  • minimarket
  • persewaan kendaraan
  • pusat kebugaran dan perawatan tubuh
  • penata rambut, salon kecantikan, dll.
                        Di sisi lain, perusahaan lokal yang telah mengembangkan usahanya dengan mempergunakan format bisnis waralaba jumlahnya tidaklah sebanyak waralaba asing banyak atau hanya sekitar 10 persen dari jumlah waralaba asing yang ada di Indonesia. Perusahaan lokal tersebut antara lain; Es Teller 77, CFC, ILP, LIA, Lutuye Salon, Rudy Hadisuwarno, Indomaret dan lain-lainnya.

3.Berikan 5 contoh nyata usaha franchising yg bergerak di bidang
            -Pendidikan
            -Kesehatan
            -Salon dan Perawatan
            -Makanan lokal
            -Otomotif
            1.Bidang pendidikan: Jari hitung cepat indonesia,salemba,IBSC TV presenter,IIAM dan LP3T Nurul Fikri
            2.Bidang Kesehatan: Kimia Farma, Apotek K-24, Rebel Gym, Century Health Care, Sinergi Fitness Center.
            3.Bidang salon dan perawatan: Meji Mejiku Nail Salon, Aesthedica Skin Care, Pure Beauty Care, VZ Skincare, Mustika Ratu.
            4.Bidang makanan lokal: Meji Mejiku Nail Salon, Aesthedica Skin Care, Pure Beauty Care, VZ Skincare, Mustika Ratu.
            5.Bidang otomatif: CheapNClean, Auto Bridal, Cling Car Care & Car Wash, Fast & Drive, Shop & Drive, Raja Motor.

4.Jelaskan perbedaan kewirausahaan dengan bisnis kecil dengan contoh kasus nyata
Jawab:
            Contoh nyata : Sebuah kasus bisnis yang nyata, bagaimana dua orang yang berlatar belakang bukan dari IT / computer, mampu menghasilkan 30-50 juta/bulan dari internet. Benar-benar kasus bisnis yang unique. Ini nyata, biasanya orang yang tidak berkecimpung di dunia internet marketing, menganggap hal ini masih tabu. Bahwa dikiranya berbisnis lewat internet hanyalah bisnis tipu menipu, padahal kenyataanya tidak lah begitu. Mungkin untuk di Indonesia sendiri, berbisnis lewat internet masih merupakan hal yang dianggap aneh, bagaimana orang bisa langsung percaya pada orang yang baru dikenalnya lewat internet dan langsung memberikan uang mereka disana. Padahal tidak se-simple itu, berbisnis di internet sama saja dengan berbisnis konvensional seperti biasa. Hanya saja mediasinya dilakukan lewat internet. Dua orang tersebut adalah para pembuat produk informasi terkenal asal indonesia. Yang pertama adalah Joko Susilo, di Indonesia sendiri Joko Susilo mampu menguasai pasar Indonesia dengan meraup keuntungan lebih dari 3 milliar sampai saat ini. Hanya dari internet. Yang kedua adalah Welly Mulia, pria berkebangsaan Indonesia Raya ini juga merupakan information product maker yang taringnya kelihatan sampai ke luar negeri. Ciri khas produk Welly adalah produknya lebih mengarah pada praktis, tetapi tanpa mengabaikan hal-hal yang bersifat konsep utama. Sehingga kalau kita membaca ebooknya serasa dituntun langsung oleh Welly.

Pertemuan ke 5

1.Aplikasikan fungsi manajement pada suatu perusahaan yg nyata/Rill
Prinsip pengelolaan sumber daya manusia:
Jawab:
·        Tenaga kerja dikelola bukan sebagai biaya tetapi sebagai asset atau kekayaan perusahaan yang utama
·        Tenaga kerja sebagai individu yang memiliki integritas dan keinginan untuk berbakti pada perusahaan dan masyarakat lingkungannya.
·        Tenaga kerja dikelola dalam rangka peningkatan kompetensi dan komitmennya pada pekerjaan dan pada perusahaannya.
·        Tenaga kerja dikelola dengan orientasi pada pencapaian hasil yang dapat dipertanggungjawabkan.
·        Tenaga kerja dikelola dengan fokus peningkatan kerjasama sebagai suatu tim kerja untuk mencapai kepentingan bersama.
·        Tenaga kerja dikelola dalam rangka penciptaan dan atau peningkatan jaringan kerja (networking)
Langkah-langkah pengelolaan SDM yang bekerja di dalam perusahaan:
·        Menentukan kebutuhan pegawai/karyawan dan tujuan yang akan dicapai perusahaan
·        Mengadakan observasi dan penelitian tentanng SDM
·        Menyelesaikan masalah-masalah SDM di dalam perusahaan dengan menetapkan metode yang diperkirakan ada frelevansinya dengan kperluan pengelolaan SDM yang berkualitas di dalam perusahaan
·        Berdasarkan hasil pemilihan dan hasil percobaan terhadap SDM sebagai pegawai/ karyawan di dalam perusahaan, akan ditemukan metode-metode atau alternatif penyelesaian pengelolaan SDM yang berkualita sebagai tenaga kerja di dalam perusahaan
·        Metode-metode yang telah dipilih dan diuji, terus dievaluasi berdasarkna hasil pengalaman wirausaha di dalam mengelola SDm di perusahaannya.
·        Akhirnya, wirausaha melaksanakan metode pengelolaan SDM yang sudah ditentukan dengan menetapkan pelaksana-pelaksana atau petugas yang ada di perusahaan.
Tahapan-tahapan dalam membuat pengelolaan SDM meliputi: ramalan, sasaran, kebijaksanaan, program, faktor waktu, prosedur kerja, dan anggaran biaya.
Maksud dan tujuan pengelolaan SDM:
·        Mendapatkan pegawai/karyawan dan membinanya dalam rangka mendayagunakan SDm yang berkualitas didalam melaksanakan pekerjaannya
·        Meningkatkan kreativitas, inovatif, prestatif, dan keterampilan kerja pegawai/karyawan di dalam perusahaan milik wirausaha
·        Menciptakan suasana dan hubungan kerja yang lebih baik, harmonis, dan serasi di antara para pegawai/karyawan, baik secara vertikal maupun horizontal
Pengembangan pengelolaan SDM dapat dilakukan dengan memberikan pelatihan / pendidikan kepada karyawan agar mereka memperoleh kemampuan, ketrampilan, dan keahlian di dalam melaksanakan pekerjaan.
Peranan pengelolaan SDM:
·        Pelaksana proses pengembangan usaha/bisnis
·        Kunci maju mundurnya kegiatan usaha/bisnis
·        SDM yang produktif, inovatif, dan prestatif
·        Perencana dan pengatur organisasi di dalam perusahaan milik wirausaha
·        Modal dasar pengembangan usaha atau bisnis
·        Dinamisator pengembangan dan kemajuan usaha atau bisnis
·        Pengendali proses produksi yang efektif dan efisien
·        Penggerak manajemen usaha/bisnis
·        Adminstrator kepegawaian di dalam perusahaan milik wirausaha
·        Generator ketenagakerjaan di dalam perusahaan milik wirausaha
Tujuan penilaian SDM yang berkualitas:
·        Pertimbangan untuk tambahan gaji/upah/bonus
·        Menilai aktivitas, kreativitas dan inovatif pegawai/karyawan dalam melaksanakan tugas
·        Menilai kemampuan, kecakapan dan keterampilan pegawai/karyawan dalam melaksanakan tugas
·        Pertimbangan untuk promosi pegawai/karyawan perusahaan
Parameter penilaian dan pengelolaan SDM:
·        Kejujuran pegawai
·        Tanggung jawab dalam bekerja
·        Keandalan dan kemahiran
·        Kualitas pekerjaan
·        Inisiatif, inovatif, dan presentatif
·        Pemanfaatan waktu dalam bekerja
·        Sikap pegawai terhadap perusahaan
·        Pengetahuan pegawai terhadap perusahaan
·        Kerjasama pegawai di dalam perusahaan
·        Kehadiran dan kerajinan pegawai bekerja di dalam perusahaan
Pelaksanaan Pengelolaan SDM:
1)      Latihan dan Pendidikan
Macam-macam latihan dan pendidikan:
·        Latihan industri (industrion training): bertujuan membantu pegawai/karywan dalam menyelesaikan pekerjaannya secara efektif dan efisien.
·        Latihan tugas (job training): bertujuan memberikan instruksi kepada pegawai/karyawan guna melaksanakan tugas-tugas tertentu di dalam perusahaan
·        Latihan supervisor (supervisor training): bertujuan untuk melatih pegawai/karyawan tentang bagaimana memeriksa dan mengawasi kegiatan pekerjaan dalam perusahaan
·        Latihan manajemen (management training): bertujuan untuk melatih pegawai/karyawan yang memangku suatu jabatan tertentu di dalam perusahaannya, misalnya untuk menjadi sekretaris atau akuntan
·        Latihan pengembangan pimpinan (executive development): bertujuan untuk pengembangan pimpinan/manajer perusahaan milik wirausaha agar mereka memperoleh kemampuan memimpin anak buanhnya dalam rangka pengembangan usaha
2)      Mutasi
Adalah kegiatan dari pimpinan perusahaan untuk memindahkan karyawan dari suatu pekerjaan ke pekerjaan lain yang dianggap setingkat atau sejajar.
Tujuan mutasi:
·        Meningkatkan produktivitas kerja
·        Mendayagunakan pegawai
·        Mengembangkan kecakapan dan keterampilan pegawai
·        Menin gkatkan tenaga kerja ahli pada unit-unit yang membutuhkan dalam perusahaan\
·        Mengisi jabatan-jabatan yang belum terisi dalam perusahaan
Alasan perlu adanya mutasi:
·        Menempatkan pegawai/karyawan yang tepat pada jabatan tertentu
·        Meningkatkan prestasi kerja
·        Menanamkan rasa senang dalam melaksanakan tugas/bekerja
·        Menimbulkan rasa puas dalam bekerja
·        Meningkatkan ilmu pengetahuan dan kecakapan pegawai
·        Menghilangkan rasa jenuh atau bosan dalam bekerja
3)      Promosi
Adalah: kenaikan jabatan yang lebih tinggi, baik kekuasaan maupun tanggungjawab seorang  pegawai/karyawan dalam suatu struktur organisasi di perusahaan
Tujuan diadakannya promosi:
·        Dapat meningkatkan semangat kerja
·        Merupakan suatu penghargaan terhadap pegawai/karyawan yang cukup membanggakan
·        Dapat menjamin stabilitas kepegawaian di dalam perusahaan
·        Menanamkan rasa kepuasan di dalam bekerja
·        Meningkatkan produktivitas
·        Menambah harga diri yang kuat pada waktu bekerja
·        Dapat meningkatkan kegairahan didalam bekerja
·        Adanya motivasi ke arah prestasi para pegawai/karyawan
Manfaat evaluasi SDM melalui promosi sbb:
·        Alat motivasi SDM
·        Alat memperbaiki kesalahan pada waktu bekerja
·        Alat untuk meningkatkan SDM dalam hal kecakapan, keterampilan, dan kemampuannya dalam bekerja

2. Batlah skema ciri-ciri manager profesional ketrampilan manajement yg dibutuhkan 
Jawab:
DASAR KETRAMPILAN MANAJER :
1. Ketrampilan diperlukan untuk melakukan Teknis
Ketrampilan yang
Kepemimpinan dibagi menjadi sebagai berikut :
1. Level Top Leader/Top Management
Pimpinan puncak, misalnya, direktur utama. Melakukan tugas yang bersifat konseptual. Misalnya, melakukan perencanaan yang akan dilakukan seluruh anggota.
2. Level Middle Leader/Middle Management
Golongan menengah, misalnya, staf produksi, manajer keuangan. Melakukan tugas konseptual sebagai penjabaran dari top management, juga melakukan pekerjaan tersebut. Penguasaan teknis relatif penting.
3. Lower Leader/Lower Management
Golongan bawah, misalnya, supervisor, mandor dan pelaksana teknis. Harus menguasai teknis walaupun secara konseptual tidak begitu penting.

tugas khusus.
2. Ketrampilan Hubungan Manusia
Ketrampilan untuk memahami dan bekerjasama dengan orang lain
3. Ketrampilan Konseptual
Ketrampilan terkait dengan kemampuan untuk berpikir pada hal-hal yang abstrak, mendiagnosis dan menganalisis situasi yang berbeda dan memandang jauh kedepan.
4. Ketrampilan Pengambilan Keputusan
Kemampuan dalam identifikasi masalah, dan menentukan langkah terbaik untuk menyelesaikan masalah.
5. Ketrampilan Pengelolaan Waktu
Ketrampilan yang berkaitan dengan pemanfaatan waktu secara produktif.

Pertemuan Ke 6

Manajemen Pemasaran
Soal
1.Sebutkan perbedaan pasar & pemasaran !
Jawab:
1.Menurut Koller dan Amstrong,Pemasaran adalah proses manajerial yang didalamnya, individu serta kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan dan saling mempertukarkan produk-produk dan nilai satu sama lain. Kotler dan Amstrong (1999) juga mendefinisikan pasar adalah seperangkat pembeli aktual dan potensial dari sebuah produk atau jasa. Ukuran dari pasar sendiri tergantung pada jumlah orang yang menunjukan kebutuhan, memiliki kemampuan dalam pertukaran. 
2.Jelaskan yg dimaksud dengan bauran pemasaran
Jawab:
 Kotler (2000:18) mendefinisikan bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran di dalam pasar sasaran. Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel terkendali yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi konsumen dari segmen pasar tertentu yang dituju perusahaan.


Pertemuan Ke 7

 I. PENGERTIAN PRODUKSI
Jawab:
Produksi adalah kegiatan perusahaan untuk menghasilkan barang atau jasa dari bahanbahan atau sumber-sumber faktor produksi dengan tujuan untuk dijual lagi. . Tanggung jawab produksi sangat berkaitan erat dan secara langsung memberikan dampak yang besar bagi perusahaan. Oleh karena itu tanggung jawab manajer adalah memutuskan keputusan-keputusan penting untuk mengubah sumber-sumber ekonomi menjadi hasil yang dapat dijual.
keputusan manajer produksi ada dua macam:
1.     Keputusan yang berhubungan dengan desain dari sistem produksi manufaktur.
Keputusan ini menyangkut penentuan desain produk barang yang sedang diproses, kemudian peralatannya, pembagian tugas, lokasi produksi dan fasilitas yang diperlukan maupun lay out fasilitas tersebut bagaimana agar tercapai proses produksi bisa berlangsung secara efisien.
2.  Keputusan yang berhubungan dengan operasi dan pengendalian sistem tersebut baik dalam jangka jangka pendek maupun jangka panjang.
     Kepitusan ini menyangkut proses pengolahan barang itu sendiri sampai bagaimana mengendalikan proses pengolahan, persediaan, kualitas maupun biayanya.
            Adapun proses produksi menurut pembagian yang macam-macam digolongkan menjadi 4 golongan:
1.      Sifat produk
2.      Tipe proses produksi ( jangka waktu produksi).
3.      Berdasarkan manfaat yang diciptakan.
4.      Teknik (sifat ) proses produksi.

            Jadi kegiatan suatu perusahaan sangat tergantung pada pertimbangan-pertimbangan:
- Dana yang tersedia pada perusahaan.
- Kebijaksanaan yang diambil perusahaan.
- Standar kualitas produk.
- Kemampuan tenaga kerja bagian servis, dsb.


Pertemuan Ke 8
Konsep Nilai Waktu & Uang
1. Buat 1 contoh perhitungan sejumlah uang berdasarkan rumus bunga majemuk
Jika suatu modal sebesar Rp 15.000.000,- dibungakan dengan bunga tunggal dengan suku bunga sebesar 1,2% perbulan. Dalam waktu berapa bulan, agar modal tersebut menjadi dua kali dari modal semula?
Penyelesaian: 
Besar bunga untuk satu bulan adalah
B1 = 1,2/100 x Rp. 15.000.000,- Rp. 180.000,-
Besar bunga selama n bulan adalah
Bn = n x Rp180.000,
Besar modal setelah n bulan adalah
Mn   = Rp15.000.000,- + Bn
= Rp15.000.000,- + [n x Rp180.000,-]
Setelah n bulan, modal menjadi dua kali modal semula.
Jadi Mn = 2 x Rp15.000.000,- = Rp30.000.000,-

Akibatnya
Rp30.000.000,- = Rp15.000.000,- + [n x Rp180.000,-]

Atau
Rp15.000.000,- = [n x Rp180.000,-]

Pertemuan ke 9
Manajemen Keuangan Perusahaan
1.Sebutkan perbedaan keputusan pembelanjaan & pembiayaan
2. Sebutkan metode penilaian investasi & berikan rumusnya
Jawab
1. Keputusan pembelian (purchase decision).
Adalah keputusan yg dilakukan konsumen setelah konsumen mengevaluasi beberapa alternatif strategis yang ada, konsumen akan membuat keputusan pembelian.Terkadang waktu yang dibutuhkan antara membuat keputusan pembelian dengan menciptakan pembelian yang aktual tidak sama dikarenakan adanya hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.

2.Metode penilaian investasi dan rumusnya antara lain:
            1. Payback Period (PP)
                        Rumus PP = (Nilai Investasi / Kas Masuk Bersih) x 1 tahun
            2. Net Present Value (NPV)
                        Rumus untuk NPV adalah:
            Description: Persamaan NPV
            3. Profitability Index (PI)
                        Rumus :
                        PI            =             PV Kas Masuk/ PV Kas Keluar
            4.Internal Rate of  Return(IRR)
         Rumus:
                                            
IRR
=
I2
+
NPV2
x
(i2 – i1)




NPV1   -  NPV2



        
5.     Break even point ( BEP)
         BEP – Laba = (FC + Target Laba) / (P – VC)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar